2025 Empowering Educators: Data Literacy for Transformative Teaching Practices

Open positions: Mitra Penelitian (pendaftaran ditutup tgl 13 April 2025)

  • Persyaratan
    • Guru SMA/SMK/MA atau sderajat di Kota Malang (4 orang) (semua bidang studi)
    • Pengalaman mengajar minimal 3 tahun
    • Tertarik dengan bidang instructional designs, participatory research, dan data literacy
  • Tasks and responsibilities
    • Mengikuti design workshop dalam bentuk focus group discussion dan design selama 4 sesi (4 hari selama 4 pekan). Setiap sesi akan berlangsung 1.5. s.d. 2 jam (jadwal akan ditentukan kemudian). Workshop akan dilakukan di Kota Malang.
    • Menulis self-report dan reflection
  • Kompensasi
    • Honorarium (Rp. 800.000)
    • Uang transportasi (Rp. 100.000 x 4)
    • Snack dan makan siang
  • Isi form berikut untuk pendaftaran LINK

Background

Munculnya terminologi Big Data menjadi tanda bahwa data literacy (DL), atau keterampilan dalam memahami data, merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki manusia, tidak terlepas untuk para pendidik. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan data yang semakin melimpah, penting bagi pendidik untuk memiliki keterampilan literasi data yang kuat agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Literasi data, yang mencakup kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data secara efektif, merupakan keterampilan yang krusial dalam dunia pendidikan masa kini.

Namun, banyak guru dan calon guru yang masih belum memiliki pemahaman yang cukup dalam hal ini (Marsh, 2012; Sun et al., 2016). Hal ini berdampak pada ketidakmampuan guru dalam memanfaatkan data hasil belajar siswa untuk diolah sebagai rujukan perbaikan pembelajaran (Lin et al., 2023). Untuk itu, proyek ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan kursus MOOC (Massive Open Online Course) yang akan membantu guru dan calon guru menguasai literasi data sebagai alat untuk meningkatkan proses belajar mengajar mereka.

Kursus ini akan berlangsung selama 8 minggu, dengan fokus pada pengenalan konsep dasar literasi data, analisis data dalam pendidikan, serta penerapannya dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Dengan pendekatan yang berbasis pada pembelajaran interaktif dan aplikatif, kursus ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengajaran. Dalam merancang dan mengembangkan kursus ini, terdapat beberapa tantangan dan pertanyaan mendasar terkait dengan desain konten yang dikembangkan. Untuk memandu proses perancangan dan pengembangan konten, peneliti merancang beberapa pertanyaan mengenai desain.

  1. Apa saja konsep utama literasi data yang relevan bagi guru dan calon guru?
  2. Strategi pembelajaran apa yang paling efektif untuk mengajarkan literasi data dalam format MOOC?
  3. Bagaimana desain MOOC dapat mengakomodasi kebutuhan peserta dengan tingkat pengetahuan awal dan keterampilan teknis yang berbeda?
  4. Fitur apa saja yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta, seperti gamifikasi atau proyek kolaboratif?
  5. Bagaimana MOOC dapat dirancang agar ramah pengguna dan mudah diakses, terutama oleh peserta dari daerah dengan sumber daya terbatas?

METODE

Penelitian ini akan menggunakan pendekatan desain instruksional yang menggabungkan model Holistic 4D model dari Reigeluth & An (2022) dengan prinsip Pebble-in-the-Pond yang dikemukakan oleh David Merrill (2002). Pendekatan ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan kursus MOOC tentang literasi data bagi guru dan calon guru yang efektif, relevan, dan dapat diaplikasikan langsung dalam praktik pengajaran mereka.